Just a simple blog created by an ordinary man, form University of Singaperbangsa Karawang Aditya Rizky Sanjaya

TUTORIAL PERAWATAN PC

TUTORIAL PERAWATAN PC



Untuk melakukan perawatan PC, terlebih dahulu harus mengetahui informasi komponen yang terpasang pada PC. Informasi ini dapat dilakukan dengan menggunakan software utilitas/tool yang tersedia pada windows ataupun software yang disertakan oleh vendornya.
Melakukan perawatan PC menggunakan software utilitas/tool yang tersedia pada windows.
Beberapa tool yang digunakan untuk mengecek komponen PC
-          Device manager
-          Bios
-          Direct X
-          Disk Defragmenter
-          Scan Disk
1.      Device manager
Device Manager adalah salah satu tool yang ada pada Windows yang berfungsi untuk melakukan pengecekan komponen-komponen yang terhubung pada computer/PC


Cara membuka device manager
Start

klik kanan pada Computer





 Properties













Device Manager



2.         BIOS
Basic Input/Output System adalah program pertama yang diakses oleh prosesor selama start up untuk memastikan bahwa semua program dasar lainnya seperti hard drive, port, peripheral dan CPU berada dalam kondisi kerja yang baik. BIOS berbeda dari sistem operasi . Sistem operasi berada pada hard drive dan menyediakan user interface yang dapat dilihat pada layar setelah start up. Program BIOS, di sisi lain, dapat ditemukan tepat di chip memori flash atau ROM yang terletak di motherboard. Ini adalah kebutuhan dasar untuk melakukan booting pada .
-          Fungsi BIOS
BIOS memiliki beberapa fungsi di  tapi tugas yang paling penting adalah untuk memuat sistem operasi. BIOS menyediakan instruksi pertama kepada mikroprosesor untuk mengaktifkan . Petunjuk dari BIOS untuk mikroprosesor selama start up adalah sebagai berikut: power on self test (POST) yang menguji status pengoperasian semua hardware di , aktivasi chip BIOS lainnya di beberapa komponen  lain seperti SCSI dan kartu grafis, memeriksa dan pengelolaan peripheral  melalui rutinitas tingkat rendah selama proses start-up, dan manajemen clock, hard drive dan pengaturan lainnya.
-           Cara masuk BIOS
Untuk masuk ke dalam BIOS restart computer anda(jika dalam keadaan menyala),lalu tekan F2 atau DEL secara berturut-turut sampai masuk kedalam BIOS pada setiap laptop/PC ada bedanya ada yang dengan menekan F2, atau DEL(tergantung merk BIOS), setelah menekan tombol tersebut akan muncul tampilan BIOS seperti gambar dibawah ini














3.      DirectX
DirectX (atau bisa disebut Direct3D) adalah kumpulan API(application programming interface) untuk menangani berbagai tugas dalam pemrograman multimedia khususnya permainan komputer dalam sistem operasi Microsoft Windows. DirectX sendiri merupakan gabungan dari Direct3D, DirectDraw, DirectMusic, DirectPlay, dan DirectSound. DirectX SDK dapat diperoleh secara cuma-cuma dari Microsoft. Versi terbaru untuk Windows vista yang di luncurkan sekitar bulan januari 2007 adalah DirectX 10.

-          Cara Masuk DirectX

Tekan tombol Windows + R dan akan muncul kotak dialog Run
Setelah itu ketikkan “dxdiag”



Lalu akan muncul box DirectX













4.      Disk Defragmenter
Disk defragment adalah sebuah tool yang dimiliki sebuah hardisk, yang fungsingnya untuk mengatur kinerja pada hardisk dan juga berfungsi sebagai pengatur perapian posisi posisi file yang tersimpan pada hardisk. Disk defragmenter sendiri memiliki sistem kerja dimana diskdefragmenter akan meng-struktur ulang file file yang kita simpan pada hardisk secara berurut atau secara alphabet sesuai dengan nama nama file yang kita simpan dalam hardisk.


-          Fungsi Disk Defragmenter
Disc Defragmenter adalah sebuah program untuk membantu merpaihkan penempatan data di dalam harddisk, setelah rapih efeknya adalah kecepatan dalam mencari data lebih efisien karena tidak berpencar lagi.
Dengan kata lain kita bisa artikan bahwa
Disk Defragmenter ini sangat berguna untuk menyusun kembali urutan – urutan sector (pecahan atau bagian) dari file atau folder sehingga memudahkan Windows untuk membaca file atau folder tersebut.
Defrag adalah proses pengaturan file pada hardisk. Untuk mengaturnya agar berada pada posisi track yang berdekatan maka dilakukan gesekan untuk memindahkan. Defrag yang terlalu sering akan menyebabkan kondisi piringan hardisk cepat rusak karena seringanya proses pengikisan.

-          Cara Membuka Disk Defragmenter
Klik start
Lalu ketikkan “disk defragmenter” pada box “search program and files” lalu pilih




Kemudian akan muncul kotak dialog Disk Defragmenter



5.      Scan Disk
Scandisk atau ScanDisk adalah sebuah utilitas dalam MS-DOS dan Microsoft Windows sistem yang pemeriksaan dan perbaikan sistem berkas dan buruk cluster pada hard drive.Diperkenalkan dalam MS-DOS versi 6.2. Sebelumnya versi MS-DOS hanya disediakan lebih sederhana, murni program berbasis teks CHKDSK.

ScanDisk termasuk yang lebih user-friendly interface dari MS-DOS CHKDSK, lebih banyak baris perintah dan opsi konfigurasi lainnya, dan kemampuan untuk mendeteksi dan kadang-kadang sembuh dari kesalahan fisik pada disk. Berbeda dengan CHKDSK, ScanDisk akan juga memperbaiki crosslinked file. 
-          Langkah-langkah membuka scandisk
Buka my computer (Windows + E)




Klik kanan pada salah satu disk anda Lalu pilih properties










Lalu akan muncul kotak Local Disk Properties pilih toolbar Tool

















Setelah itu pilih menu Check Now




share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg
Posted by Aditya Rizky Sanjaya, Published at 22.37 and have 0 komentar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar