Just a simple blog created by an ordinary man, form University of Singaperbangsa Karawang Aditya Rizky Sanjaya

PROSESOR DAN TEKNOLOGINYA

PROSESOR DAN TEKNOLOGINYA

            Prosessor adalah otak dari setiap komputer tanpa prosessor sendiri sebuah komputer tidak akan bisa berfungsi, setiap prosessor sendiri mempunyai manufaktur dan pabrikan yang berbeda, dari setiap manufaktur sendiri itu mempunyai keunggulan dan kekurannya masing-masing, baik dari segi kecepatan clock, perhitungan, kekuatan grafis, dan efisiensi penggunaan daya, 3 merk prosessor yang akan kita bahas kali ini adalah Intel, AMD, dan Cyrix, mungkin nama Intel dan AMD menurut beberapa dari kalian sudah tidak asing lagi, mereka bisa dibilang merajai penjualan dan paling banyak dipakai pada PC kebanyakan, namun Cyrix?? Masih terdengar asing bukan? Tetapi kemampuan Cyrix tidak bisa dianggap sepele dan bisa bersaing dengan prosessor pada umumnya, alasan kenapa prosessor Cyrix tidak laku dipasaran karena teknik pemasaran mereka yang kurang,padahal prosessor buataan mereka sangatlah mumpuni dan mampu bersaing dengan Intel dan AMD, namun apakah kelebihan, keunggulan dan kekurangan pada masing-masing prosessor diatas, baiklah, kita akan bahas pada materi dibawah ini.

·         PROSESSOR INTEL




1.     TEKNOLOGI TURBO BOOST
Teknologi ini dapat mengatur kerja prosessor dan dapat menyesuaikan dengan berat dan ringannya aplikasi yang dijalankan, jadi ketika prosessor melakukan kerja ringan prosessor menurunkan kecepatan kerjanya guna menghemat energi, dan kerika melakukan kerja berat prosessor akan menaikkan kecepatannya guna mengimbangi pemakaian.

2.     TEKNOLOGI HD GRAPHIC
Teknologi intel untuk memberikan tampilan gambar ber definisi tinggi, tajam, detail, dan jernih, tetapi layar monitor komputer yang digunakan harus beresolusi 1280 X 720 pixels. Akan lebih bagus lagi jika menggunakan resolusi 1920 X 1280 pixels.

3.     TEKNOLOGI DDR3 dengan FSB 1066 MHz
                 Adalah teknologi dari prosessor Intel Corei3, Corei5, dan Corei7



4.     TEKNOLOGI HYPER THREADING
Pada umumnya PC hanya bisa dipasang 1 prosessor, tetapi dalampenggunaannya prosessor harus dapat melakukkan beberapa proses, dengan teknologi ini prosessor dapat melakukkan beberapa proses dalam waktu yang bersamaan meski hanya memiliki 1 otak (prosessor).

5.     SUPPORT MEMORY RAM HINGGA 16 GB
Dapat mendukung penggunaan RAM hingga 16gb, tentunya hal ini harus didukung dengan prosessor dan jenis sistem operasi yang digunakan.


·       PROSESSOR AMD
 


1.      TEKNOLOGI DUAL CORE
Teknologi pada satu prosessor yang memiliki 2 inti (core), sama halnya dengan intel AMD juga memiliki teknologi ini.

2.      TEKNOLOGI COOL n QUIET
Teknologi AMD untuk penghematan daya pada prosessor AMD agar daya digunakan sesuai kebutuhan, efektif, dan efisien, karena bisa menyesuaikan penggunaan daya maka tentunya prosessor akan lebih dingin.

3.      TEKNOLOGI HYPER TRANSPORT
Teknologi penggandaan agar data yang dikirimkan pada suatu waktu bisa lebih cepat dan banyak, tentunya akan menghemat waktu dari sebuah proses.

4.      TEKNOLOGI ENHANCED VIRUS PROTECTION (EVP)
Teknologi ini bisa mendeteksi dan mengenali aktivitas virus pada setiap prosesnya, jadi jika EVP mendeteksi virus, maka aktifitas itu akan ditindaklanjuti atau dihentikan.





5.      TEKNOLOGI AMD64 TECHNOLOGY
Prosessor 64-bit keluaran AMD, cocok untuk aplikasi-aplikasi 64-bit yang sangat berat, dan cocok sekali untuk anda yang suka memainkan game-game ber grafik tinggi dan berat.

·     PROSESSOR CYRIX

 




1.      Cyrix x87 (1991)
Produk Cyrix pertama untuk pasar komputer pribadi adalah coprocessor FPU x87 kompatibel. Cyrix FasMath 83D87 dan 83S87 diperkenalkan pada tahun 1989. FasMath adalah coprocessor 386-kompatibel tercepat dan disediakan sampai dengan kinerja 50% lebih dari Intel 80387. Cyrix FasMath 82S87, sebuah chip 80287-kompatibel dikembangkan dari 83D87 Cyrix dan telah tersedia sejak 1991. 

2.      Cyrix SLC dan DLC (1992)
Produk awal CPU ini termasuk 486SLC dan 486DLC, dirilis pada tahun 1992, yang, meskipun nama mereka, adalah pin yang kompatibel dengan 386SX dan DX. Sementara, mereka menambahkan L1 cache on-chip dan set instruksi 486, kinerja mereka di suatu tempat antara 386 dan 486. Chip sebagian besar digunakan sebagai upgrade oleh pengguna akhir yang ingin meningkatkan kinerja 386 dari penuaan dan terutama oleh dealer, yang dengan mengubah CPU bisa berubah lambat, menjual 386 ke dalam anggaran 486.

3.       Cyrix SRX2 dan DRX2 
Cyrix kemudian merilis Cyrix 486SRX2 dan Cyrix 486DRX2, yang versi dasarnya dua kali lipat dari SLC dan DLC, dipasarkan secara eksklusif untuk konsumen yang meng-upgrade dari 386 ke 486. Akhirnya Cyrix mampu merilis 486 yang pinnya kompatibel dengan mitra-mitra Intel. Namun, chip kemudian ke pasar lebih lambat dibanding rekan-rekan dari AMD dan Intel. AMD telah mampu menjual beberapa 486s untuk OEM besar, terutama Acer dan Compaq, namun Cyrix tidak. Chip Cyrix tidak dilengkapi dengan upgrade, seperti 50-, 66- dan 80 MHz CPU 486 bekerja di 5 volt, bukan 3,3 volt sebagaimana yang digunakan oleh AMD. Hal ini membuat chip Cyrix dapat digunakan pada motherboard yang awalnya 486.



4.      Cyrix 5×86 (1995)
Pada tahun 1995, dengan klon Pentium yang belum siap rilis, Cyrix mengulangi sejarahnya sendiri dan merilis Cx5x86, yang dipasang ke soket 486, bekerja di 100, 120 atau 133 MHz, dan menghasilkan kinerja yang sebanding dengan Pentium yang bekerja di 75 MHz. Sementara AMD dengan nama baru Am5x86, Cyrix 5×86 diimplementasikan dengan beberapa fitur yang sama seperti Pentium.


5.       Cyrix 6×86 (1995)


Kemudian pada tahun 1995 Cyrix merilis chip terbaik yang pernah diketahui, 6×86 (M1). Prosesor ini meneruskan tradisi Cyrix membuat pengganti cepat untuk soket rancangan Intel. Namun, 6×86 adalah “pemain bintang” dalam jangkauannya, memberikan dorongan kinerja nyata yang setara dengan Intel. Prosesor 6×86 diberi nama seperti P166 + menunjukkan kinerja yang lebih baik daripada prosesor Pentium 166MHz.






share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg
Posted by Aditya Rizky Sanjaya, Published at 20.51 and have 0 komentar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar