Just a simple blog created by an ordinary man, form University of Singaperbangsa Karawang Aditya Rizky Sanjaya

PERANGKAT INPUT DAN OUTPUT

PERANGKAT INPUT DAN OUTPUT

Hi sobat blogger, jumpa lagi bersama saya Aditya Rizky di blog adityar8.blogspot.com, kali ini kita akan membahas tentang perangkat input dan perangkat output. Okelah tanpa panjang kali lebar lagi kita mulai langsung aja.


PERANGKAT INPUT

Apa itu perangkat input?? Perangkat input adalah perangkat yang bertugas masukan yang memberi masukkan berupa data atau perintah kepada komputer yang kemudian di proses menjadi hasil akhir (output).
Sedangkan perangkat output adalah perakat yang digunakan untuk menampilkan hasil dari sebuah input dan proses.
Untuk lebih mengetahui apa itu perangkat input dan output, marilah kita lihat pembahasan dibawah ini..


1.     MOUSE
Apa itu mouse? Kalau diartikan secara bahasa mouse berarti tikus, namun sebuah perangkat input yang berfungsi sebagai alat untuk meng-klik menu-menu yang ada dalam komputer.
-          Mouse Konvensional

Mouse jenis ini adalah jenis mouse yang paling umum digunakan oleh masyarakat umum, sekarang ini pada bagian bawah mouse menggunakan laser pada bagian bawah sebagai sensor input untuk mengetahui kalau mouse itu bergerak ke suatu arah, dan menggunakan kabel jenis USB untuk mengkoneksikan dengan perangkat komputer.



-          Mouse Wireless

                             
Pada dasarnya mouse ini tak berbeda jauh dengan mouse umum, hanya bedanya mouse jenis ini menggunakan koneksi bluetooth untuk bisa terkoneksi dengan komputer, bukammya menggunakan kabel lagi.


-          Mouse Gaming

                Sama saja dengan mouse umum, menggunakan kabel untuk terkoneksi dengan komputer, hanya saja mouse ini memberikan kemudahan untuk gaming dibanding denn mouse umum.

2.     KEYBOARD
          Keyboard merupakan perangkat input yang berfungsi untuk mengetik huruf.



3.     WEBCAM
             
  Perangkat input yang berguna untuk menangkap gambar, dan merekam video.

4.     SCANNER
        

  Scanner berguna untuk memindai data, bisa berupa dokumen, dan gambar.
    




5.     JOYSTCIK
 Joystick sebenarnya tidak terlalu berguna dalam penggunaan sehari-hari, tetapi berguna jika kita ingin memainkan game di PC.












PERANGKAT OUTPUT

Perangkat Output adalah perangkat yang keluaran atau perangkat yang berfungsi untuk menampilkan hasil akhir ata pengeluaran sebagai hasil pengolahan data.

MACAM-MACAM PERANGKAT OUTPUT

1.      MONITOR

Perangkat monitor berfungsi untuk menampilkan hasil proses pengolahan data didalam layar, hasil pengolahan itu bisa berupa gambar, teks, atau gambar bergerak (video).








2.      SPEAKER




Speaker adalah alat output untuk mengeluarkan hasil output berupa suara








3.      PRINTER



Printer adalah perangkat output untuk mencetak dokumen maupun gambar








4.      LAN CARD


Lan card atau kartu jaringan adalah sebuah perangkat yang berguna untuk menghubungkan perangkat komputer dengan internet menggunakan koneksi kabel, dengan konektor RJ-45.







5.      MODEM

Modem (modulator-demulator) adalah perangkat untuk pengubah sinyal digital menjadi analog, maupun sebaliknya, modem digunakan untuk mengakses internet menggunakan jaringan GSM atau CDMA melalui kartu SIM yang harus kita beli paket internetnya terlebih dahulu ke ISP (Internet Service Provider) atau penyedia jasa layanan internet, bahasa awam nya adalah operator seluler, MODEM ini tidak murni perangkat output, modem juga berfungsi sebagai perangkat input



                                                                                                                                       



share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg
Posted by Aditya Rizky Sanjaya, Published at 23.11 and have 0 komentar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar