Just a simple blog created by an ordinary man, form University of Singaperbangsa Karawang Aditya Rizky Sanjaya

Apa itu "Cloud Computing?"

Apa itu "Cloud Computing?"

Hi sobat blogger,, apa kabar? mudah mudahan baik-baik saja ya.. oke kali ini saya akan membuat postingan di blog saya yang akan membahas tentang CLOUD COMPUTING/KOMPUTASI AWAN, sepertinya dewasa ini tuh kayaknya gak afdol deh kalau gak tau apa itu , pasti sobat-sobat bertanya-tanya apa sih komputer awan itu, apakah benar komputernya benar-benar berada di atas awan sana? Pasti akan timbul pertanyaan-pertanyaan dibenak sobat-sobat seperti dibawah ini.

1.      Apa sih definisi komputasi awan/cloud computing itu?
2.      Apa sih manfaatnya?
3.      Bagaimana sih prinsip kerjanya?
4.      Gimana sih klasifikasi layanan dari komputasi awan
5.      Perusahaan mana aja sih yang punya layanan dari tiap klasifikasi komputasi awan tersebut?

Apa sih komputasi awan?
      Sebenarnya kata “awan” sendiri adalah metafora dalam dunia internet, jadi bukan berarti komputer itu benar2 berada diatas awan sana, ini hanyalah istilah saja, bahkan pada kenyatannya alat-alat yang digunakan untuk penggunaan fasilitas CLOUD/AWAN itu pun benar-benar berada didarat.
      Secara umum komputasi awan itu adalah pemanfaatan jaringan internet sebaagai fasilitas untuk mengakses sebuah fasilitas penyimpanan cloud(server) yang terpusat disatu tempat, jadi dengan fasilitas cloud ini kalian bisa menyimpan data-data kalian melalui penyedia layanan cloud di server mereka, loh kok langsung main simpen aja ya? Gimana kalau misalkan ada orang lain yang bisa ngambil data kita? Tenang aja kok sobat, para penyedia ini menyediakan usernamedan password untuk akun cloud milik kita, jadi selama username dan password tidak bocor ke orang lain, data kalian tidak akan bisa diakses oleh orang lain. Lalu muncul pertanyaan lagi nih, kan kita sewa server/cloud/media peynyimpanan ke mereka, apakah kita harus bayar sama mereka? Nah begini nih sobat, fasilitas cloud itu sebenarnya ada yang gratis dan ada juga yang berbayar, lalu apa bedanya yang gratisan sama yang berbayar?
Kelebihan cloud gratis :
1.      Tidak harus membayar sewa karena kita pakai yang gratisan
2.      Hemat penggunaan harddisk karena data kita disimpan di server cloud
3.      Menghemat uang untuk membeli harddisk/media penyimpanan yang lebih besar karena data sudah disimpan pada cloud
4.      Bisa diakses dimana saja tanpa harus menggunakan perangkat yang sama, karena data disimpan pada satu server terpusat
5.      Tidak perlu lagi takut harddisk/penyimpanan data rusak, karena data disimpan di cloud dan kalaupun salah satu server sedang down pasti data sudah di back up ke server lainnya

Kekurangan cloud gratis :
1.      Karena gratis pastilah kapasitas penyimpanan yang diberikan tidaklah besar jika dibandingkan yang berbayar
2.      Beberapa penyedia layanan menampilkan iklan pada pengguna gratis sebagai biaya ganti sewa kita yang seharusnya kita bayarkan sebagai pengguna berbayar
3.      Terkadang dipersulit umtuk mengunduh file
4.      Kecepatan akses, unduh, dan upload data yang dibatasi/lebih lambat jika dibandingkan dengan pengguna berbayar

            Kelebihan cloud berbayar :
1.      Hemat penggunaan harddisk karena data kita disimpan di server cloud
2.      Menghemat uang untuk membeli harddisk/media penyimpanan yang lebih besar karena data sudah disimpan pada cloud
3.      Bisa diakses dimana saja tanpa harus menggunakan perangkat yang sama, karena data disimpan pada satu server terpusat
4.      Tidak perlu lagi takut harddisk/penyimpanan data rusak, karena data disimpan di cloud dan kalaupun salah satu server sedang down pasti data sudah di back up ke server lainnya
5.      Kapasitas penyimpanan yang lebih besar dan bahkan beberapa penyedia menyediakan kapasitas unlimited kepada  pengguna
6.      Terbebas dari iklan karena sudah bayar sewa
7.      Kalau untuk skala perusahaa biaya yang dikeluarkan akan lebih hemat menggunakan fasilitas ini
8.      Kemudahan untuk mengunduh file
9.      Kecepatan akses, unduh, dan upload data jauh lebih cepat jika dibandingkan pengguna gratis

Kekurangan cloud berbayar :
1.      Karena berbayar pastilah ada sejumlah uang yang harus dikeluarkan
2.      Kebanyakan pembayaran sewa menggunakan kurs dollar, karena sekarang-sekarang ini dollar lagi mahal, jadi untuk penggunaan perorangan seperti kita ini masih harus pikir 2 kali lagi sebelum menggunakan layanan ini
3.      Kalau kita tidak terlalu penting menggunakan fasilitas berbayar ini dirasa sangat mubazir jika harus membayar
4.      Beberapa penyedia jasa membatasi batas sewa server kita, ya namanya juga kan cuma sewa pastilah harus diperpanjang kalau kita mau terus pakai. Biasanya itu rentang sewanya mulai dari 6 bulan, 1thn, 2th, dst.
            Ada 1 lagi jenis cloud yang bisa dibilang gratis iya, tetapi berbayar juga iya. Ya ini adalah fasilitas cloud dari pabrikan gadget, bisa itu berupa smartphone, notebook, pc, dls. Fasilitas ini mereka berikan kepada pengguna gadget mereka sebagai nilai lebih, fasilitas backup data, pusat software, dan sebagai penyimpanan cloud untuk pengguna mereka. Contohnya saja Apple mempunyai iCloud untuk penyimpanan cloud mereka, Android dengan GoogleBackup dan Google Drive bagi pengguna Android secara umum, secara spesifik produsen smartphone Android sekarang ini hampir semuanya menyediakan fasilitas ini tergantung dari produsen smartphone itu sendiri.
            Lalu mengapa hampir semua produsen gadget mempuyai cloud masing-masing,dan berlomba-lomba menyediakan layanan yang terbaik? ini diberikan tak lain dan tak bukan, hanya untuk kepuasan konsumen mereka semata, dan juga tuntutan jaman yang mengharuskan kita menggunakan layanan tersebut.

Apa sih manfaatnya?
Fasilitas cloud ini mempunyai beberapa manfaat dibawah ini :

1.      Semua Data Disimpan Pada Server Terpusat
Karena data disimpan secara terpusat pastilah kita bisa akses menggunakan perangkat apapun tanpa harus menggunakan perangkat yang sama untuk mengakses data kita.
Contohnya saja kita sudah menggunakan fasilitas cloud ini, kasusnya adalah pada saat kita ingin mengerjakan pekerjaan atau tugas kita, tiba-tiba saja pc kita hang, rusak, atau ada masalah lainnya, nah pasti kalau kita tidak menggunakan fasilitas ini tuh pasti rasanya kayak kebakaran jenggot kan, apalagi pekerjaannya itu deadline nya tinggal beberapa hari lagi misalkan, nah kalau kita sudah menggunakan fasilitas ini, kita tinggal akses saja data cloud kita menggunakan perangkat pc atau smartphone yang bisa kita pinjam atau sewa entah itu milik saudara, kerabat, dan teman-teman kita, dan bisa segera menyelesakan pekerjaan kita.

2.      Keamanan Data
Keamanan data kita yang sudah terpusat, pastilah sudah dijamin oleh penyedia jasa layanan agar terhindar dari tangan-tangan jahil yang ingin mencuri data kita.

3.      Fleksibilitas Tinggi
       Sangat fleksibel karena tidak peduli dimanapun kita berada, kapanpun kita berada, jenis dan brand gadget yang kita gunakan, dan tak peduli dimana kita, selama masih ada akses  internet, kita bisa menggunakan fasilitas cloud ini.

4.      Investasi Jangka Panjang
       Mengapa disebut investasi jangka panjang? Karena dengan ini kita bisa menghemat uang untuk membeli perangkat penyimpanan yang notaben nya rapuh, mudah rusak, mempunyai umur terbatas, dan tidak mubazir membeli perangkat penyimpanan besar yang harganya mahal, karena dengan cloud kita bisa sesuaikan penyimpanan yang ingin kita gunakan, baik besar atau kecilnya.

Bagaimana Cara Kerjanya?
            Cara kerja dari cloud sendiri ialah dengan menggunakan jaringan internet sebagai penghubung atau akses antara pengguna dan sever penyedia jasa layanan tersebut, didalam server tersebut pengguna dapat mengakses data, mengunduh, mengedit, dan meng upload kembali data pengguna tersebut, didalam server juga disediakan beberapa layanan aplikasi, seperti layanan e-mail, pengolahan kata, pengolahan presentasi, dan lain sebagainya. Yang dapat kita akses dan olah tanpa harus menginstall aplikasinya, karena aplikasi sudah disediakan didalam server.
Klasifikasi Layanan Cloud?
1.      Software as a Service
Ini adalah layanan cloud dimana pengguna bisa menggunakan langsung aplikasi yang disediakan di dalam server cloud tanpa harus menginstall aplikasinya terlebih dahulu. Contohnya layanan e-mail yang disediakan oleh Gmail, Yahoo Mail, dan lain sebagainya. Contoh lainnya adalah layanan media sosial, seperti Facebook, twitter, Google+, dan lain sebagainya.
2.       Infrastructure as a Service
Layanan cloud yang bisa menyediakan infrastructure IT berupa CPU, RAM, storage, bandwidth, dan konfigurasi lain yang bisa digunakan untuk membangun komputer virtual. Keuntungan menggunakan layanan ini kita bisa menghemat biaya dan tak perlu membeli komputer fisik.
3.      Platform as a Service
Layanan cloud ini menyediakan computing platform yang biasanya sudah terdapat sistem operasi, database, web server, dan framework aplikasi agar dapat menjalankan aplikasi yang dibuat.

Perusahaan-perusahaan Penyedia Jasa Layanan Cloud?
            Rasanya jaman sekarang ini tuh banyak sekali ya penyedia jasa layanan tersebut, kita ambil contoh saja raksasa internet Google, ya Google punya layanan cloud yang berupa Google Drive, ini adalah layanan gratis dari Google yang menyediakan layanan berupa penyimpanan data secara cloud, Google Drive ini bisa kita upgrade ke versi berbayar, tentunya dengan kapasitas peyimpanan yang tak terbatas, dan ada fasilitas pengolahan kata secara online yang bisa digunakan dan diolah oleh beberapa pengguna.
            Lalu vendor lokal juga mempunyai fasilitas ini, salah satunya TelkomCloud yang meyediakan layanan cloud Infrastructure as a Service IaaS yang, menyediakan infrastruktur IT guna mebangun komputer virtual.



share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg
Posted by Aditya Rizky Sanjaya, Published at 22.49 and have 1 komentar

1 komentar: