Just a simple blog created by an ordinary man, form University of Singaperbangsa Karawang Aditya Rizky Sanjaya

PERANGKAT JARINGAN

PERANGKAT JARINGAN

Apa itu perangkat jaringan komputer? Perangkat jaringan komputer adalah sekumpulan peralatan yang dihubungkan guna berbagi sumber daya komputer, tahukah anda perangkat apa sajakah itu? Mari kita lihat dibawah ini:

1.      MODEM
Modem adalah akronim dari MOdulator DEMulator yang berfungsi merubah sinyal digital menjadi analog begitu juga sebaliknya, modem mampu melakukan komunikasi 2 arah.

2.      HUB/Switch

Secara fisik dan kegunaan secara umum HUB dan Switch sama, yaitu menghubungkan device jaringan dan/atau antara komputer dalam jaringan, tetapi cara kerjanuya berbeda.
·         HUB
HUB bekerja dengan cara paket data/informasi yang dikirim untuk di proses dan mentransmisikannya ke setiap komputer yang terhubung ke jaringan, hal  ini menyebabkan pearnggunaan bandwidth yang boros, karena data di sebarkan ke semua jaringan, bukannya hanya jaringan yang dituju saja.

·         Switch
Switch lebih handal dan lebih baik dari HUB karena paket data yang dikirim ,dikirim langsung ke komputer yang membutuhkan, karena ini switch lebih hemat bandwidth dibanding HUB

3.      NIC(N etwork InterfaceCard)/ LAN Card

Ini adalah kartu ekspansi yang digunakan supaya komputer dapat terhubung dengan jaringan internet melalui kabel UTP yang menggunakan konektor jenis RJ-45.

4.      ROUTER

Router adalah perangkat yang berfungsi menghubungkan 2 jaringan atau lebih, baik dari 1 network maupun dari 2 network yang berbeda, perbedaan dengan switch dan hub adalah peranngkat tersebut hanya bisa menghubungkan jaringan lokal dalam 1 network yang sama saja, sementara router bisa menghubungkan 2 network yang berbeda.

5.      Repeater

Repeater adalah perangkat yanng digunakan untuk menguatkan sinyal, cara kerja repeater adalah sinyal di tangkap oleh perangkat ini kemudian di olah di dalam perangkat untuk di kuatkan sinyalnya, kemudian sinyal yang sudah di kuatkan di sebarkan lagi agar bisa dinikmati oleh pengguna, repeater memang sangat bermanfaat terutama di daerah terpencil yang notabennya sinyal didaerah tersebut sulit.
Harga repeater sendiri cukup terjangkau, yaitu berkisar antara Rp. 300rb an sampai Rp. 10 jt an, tetapi 2 tahun lalu pemerintah mengeluarkan aturan yang melarang penggunaan repeater secara sembarangan (ilegal), karena penggunaan perangkat ini secara sembarangan dapat menyebabkan terganggunya sinyal jaringan lain, hukumannya pun tak tanggung-tanggung yaitu hukuman kurungan penjara maksimal 6 tahun, dan denda paling banyak Rp. 600 jt.

6.      Bridge

Kalau router berfungsi untuk menggabungkan 2 buah jaringan, bridge berfungsi untuk membagi 1 jaringan menjadi 2. Bridge mengatur agar informasi diantara kedua sisi jaringan dapat berjalan dengan teratur.



7.      PENGKABELAN

Teknologi kabel sebenarnya sudah cukup lawas, dan bisa dibilang sudah kuno untuk digunakan dewasa ini yang semuanya serba nirkabel (wireless) yang tidak ribet di konfigurasi, mudah untuk pemakaian, harganya relatif lebih murah, dan bisa digunakan dimana saja tanpa harus terikat dengan kabel.
Namun harus kita akui teknologi kabel lebih stabil dan bisa diandalkan ketimbang wireless yang jika cuaca buruk jaringan menjadi sangat jelek.
·         JENIS-JENIS KABEL
1.      KABEL COAXIAL
2.      KABEL FIBER OPTIK
3.      KABEL TWISTED PAIR

1.      Kabel Coaxial

Kabel coaxial memiliki nama lain BNC (Bayonet Naur Connector), kabel ini sama seperti yang digunakan pada televisi dirumah kalian, penggunaan kabel ini di dalam jaringan komputer yaitu pada jenis topologi bus yang jaman sekarang sudah punah, karena sangat tak bisa diandalkan dan kabel jenis ini sangat lambat dalam kecepatan data.

2.      Kabel Fiber Optik


Kabel fiber optik menggunakan teknologi serat guna mengirimkan jaringan, keunggulan teknologi ini adalah bisa menjangkaui jarak 50km tanpa menggunakan repeater. Kekurangan kabel ini adalah harga yg relatif mahal dalam hal penyambungan, karena memerlukan teknisi khusus dan keahlian yang mumpuni.

3.      Kabel Twisted Pair

Kabel twisted pair adalah kabel jaringan yang terdiri dari beberapa kabel yang dililit berpasangan. Tujuannya dililit perpasangan untuk mengurangi induksi elektromagnetik dari luar maupun dari efek kabel yang berdekatan.

Ø  UTP ( Unshielded Twisted Pair )


Kabel UTP adalah kabel Twisted Pair tanpa ada foil pelindung luar. Kabel ini
umumnya digunakan untuk instalasi indoor dan lalu lintas data yang tidak sensitif.

Ø  FTP ( Foiled Twisted Pair) atau S/UTP

Kabel FTP atau yang dikenal juga sebagai S/UTP menggunakan aluminium foil untuk melindungi lapisan terluar (dibawah karet luar), untuk mengurangi interferensi elektromagnetik dari luar.

Ø  STP ( Shielded Twisted Pair )

Kabel STP menggunakan lapisan aluminium foil untuk melindungi setiap
pasangan kabel didalamnya. Varian lain seperti S/STP juga menambahkan lapisan foil dibawah karet terluar (seperti FTP) untuk pelindungan ekstra terhadap interferensi elektromagnetik.

Sumber :

Micro,Andi.2012.Dasar-Dasar Jaringan Komputer Edisi Revisi  2012.Banjarbaru:Creative Common License




share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg
Posted by Aditya Rizky Sanjaya, Published at 07.18 and have 0 komentar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar